Beranda » Berita Pemerintahan Lebak » Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karian

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karian

by admin
126 views

Lebak,- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Karian yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Senin (8/1/2023). Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menggoyangkan angklung sebagai tanda diresmikannya Waduk Karian.

Jokowi menyebut bendungan yang memiliki daya tampung 315 juta m³ diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat Banten, DKI Jakarta, hingga Jawa Barat.

Dijelaskan Jokowi, manfaat Bendungan Karian ini setidaknya ada empat. Manfaat tersebut mulai dari irigasi hingga pemenuhan air baku.

“Bendungan ini akan memberikan manfaat irigasi bagi 22 ribu hektare sawah. Kemudian akan bisa memenuhi kebutuhan air baku sebesar 10,6 m³/detik bagi masyarakat di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kita Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangsel, serta Jakarta bagian barat dan Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Selain itu manfaat lainnya adalah sebagai pengendali banjir, dan pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang menghasilkan li

“Bendungan ini juga memberikan manfaat bagi pengendalian banjir di Kabupaten Serang dan Kecamatan Rangkasbitung. Juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang menghasilkan listrik 1,8 megawatt,” lanjutnya.

Senada dengan Presiden Jokowi, Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan mengatakan bahwa proyek strategis nasional ini dapat menjawab permasalhan dan tantangan daerah khususnya di Kabupaten Lebak, seperti akses air minum dan irigasi, mitigasi bencana, penataan pemanfaatan ruang, dan pengembangan pariwisata.

“Potensi Waduk Karian pasca beroperasi telah menjadi isu strategis daerah guna menjawab beberapa tantangan, seperti infrastruktur wilayah dalam hal ini akses air minum dan irigasi; mitigasi bencana; penataan pemanfaatan ruang; dan pengembangan pariwisata terkait dukungan infrastruktur penunjang,” ucap Iwan.

Usai peresmian bendungan, Jokowi bersama menteri yang hadir, serta Pj. Bupati Lebak melaksanakan penanaman pohon di sekitar bendungan.

Berita Terkait