Beranda » Berita Pemerintahan Lebak » Bimbingan Teknis Penggunaan Geospasial Palapa

Bimbingan Teknis Penggunaan Geospasial Palapa

by admin
112 views

Lebak, – Pemerintah Kabupaten Lebak menggelar Bimbingan Teknis Penggunaan Geospasial Palapa oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) di lingkup Perangkat Daerah Kabupaten Lebak pada Rabu, 12 April 2023 bertempat di Aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah. Bimtek diikuti oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian sebagai Walidata, Bapelitbangda sebagai Koordinator Sekretariat Walidata serta perangkat daerah sebagai walidata pendukung/produsen data dan hadir sebagai pemateri perwakilan dari Badan Informasi Geospasial dan Institut Teknologi Bandung.

Kegiatan ini merupakan overview sebagai penyemangat perangkat daerah walidata pendukung/produsen data dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk mengisi goeportal. Direncanakan pada akhir April akan dilaksanakan MoU antara Badan Informasi Geospasial dengan Pemkab Lebak dalam pemanfaatan data geospasial di Kabupaten Lebak untuk mendukung satu data indonesia yang terdiri dari data statistik sektoral dan data geospasial. Adapun data yang akan menjadi prioritas pada saat MoU yaitu seputar Geopark Bayah Dome, Stunting, batas desa dan kebencanaan. Dengan adanya satu data diharapkan dapat meningkatkan kesejateraan masyarakatdi Kabupaten Lebak.

Adapun situs geopartal Kabupaten Lebak dapat dikunjungi melalui lebakkab.ina-sdi.or.id yang sedang masa ujicoba sedangkan pusat geoportal nasional dapat mengunjungi simojang.big.go.id.

Berita Terkait