Beranda » Berita Pemerintahan Lebak » Petugas Kesehatan Dinkes Lebak Bantu Ibu Melahirkan (Keberojolan) Dijalan Dengan Selamat

Petugas Kesehatan Dinkes Lebak Bantu Ibu Melahirkan (Keberojolan) Dijalan Dengan Selamat

by admin
91 views

Lebak(11/3/20);- Bidan Desa Aas Alisna petugas kesehatan Puskesmas Cirinten sigap bantu Ibu muda bernama Sari(22) warga Kampung Pasir Sempur Desa Cibarani Kecamatan Cirinten yang mengalami keberojolan dijalan dengan selamat.

Sari berangkat dari rumah menuju Puskesmas Cirinten karena tanda-tanda akan melahirkan mulai terasa dengan menggunakan kendaraan ojeg namun dijalan mengalami pecah ban, dijalan tidak tahan dan mengalami keberojolan (melahirkan), pada saat bersamaan bidan Aas Alisna melintas kemudian membantunya melahirkan dengan membawa ke mobil miliknya untuk di lalu dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat yaitu pustu Karang Nunggal untuk diberikan pertolongan dan observasi lanjutan.

Secara terpisah bidan Aas menyampaikan bahwa menolong persalinan menjadi tugas dan tanggungjawab kami sebagai bidan dan itu melekat pada profesi bidan, “ menolong persalinan menjadi tugas dan tanggung jawab saya yang melekat selaku bidan sehingga menolong persalinan adalah menjadi hal yang paling utama” ujarnya.

Luas wilayah dan tofografi kabupaten Lebak menjadi hambatan dan tantangan tersendiri buat aparatur, sadar akan terbatasnya aksebilitas sarana dan prasana akibat fiskal terbatas menuntut aparatur untuk lebih cerdas melakukan pendekatan pelayanan.

Pemerintah Kabupaten Lebak dalam upayanya menekan kematian ibu dan bayi melalui inovasi program layanan Jemput Antar Ibu Hamil Bermasalah (Jamilah) yang telah dilaksanakan Puskesmas Bojongmanik diapresiasi USAID melalui program Jalin yang kemudian membantu menyediakan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) ambulance feeder sebagai pilihan pendekatan kendaraan membantu ibu melahirkan di lokasi yang aksebilitasnya sulit dijangkau. Program ini berhasil menekan kematian ibu “0” (zero) kematian. Rencana diterapkan bertahap di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Lebak.

Pemerintah Kabupaten Lebak terus berupaya maksimal dalam memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan menekan terjadinya kematian ibu dan bayi, sebagai pengejawantahan dari visi Lebak sehat. (iam)

Berita Terkait