Beranda » Artikel » Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman Python

Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman Python

by admin
7.5k views

Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman Python

Singkat bahasa pemrograman Python. Guido van Rossum seorang pria berkebangsaan Belanda yang lahir pada tanggal 31 Januari 1956 merupakan  otak dibalik bahasa pemrograman Python, Guido mulai mengembangkan bahasa pemrograman Python tersebut sejak tahun 1989 di Centrum Wiskunde & Informatica (CWI) dan akhirnya bahasa pemrograman Python secara resmi dirilis kepada publik pada tahun 1991.

Nama Python sendiri sebenarnya bukan diambil dari nama ular piton, namun nama Python tersebut diambil dari sebuah acara humor yang ditayangkan oleh channel BBC pada tahun 1980-an yang berjudul “Monty Python’s Flying Circus” dimana saat itu Monty Python merupakan sekelompok grup lawak yang membawakan acara tersebut dan Guido van Rossum sangat menyukai acara “Monty Python’s Flying Circus” tersebut.

Guido van Rossum saat membuat bahasa pemrograman Python sendiri terinspirasi dari bahasa pemrograman ABC. Dan sampai sekarang ini Guido masih menjadi seorang penulis utama bahasa pemrograman Python walaupun bahasa pemrograman Python tersebut bersifat open source sehingga  memungkinkan ribuan orang untuk ikut berkontribusi mengembangkan bahasa pemrograman Python tersebut agar menjadi lebih baik.

Pada tahun 1994, akhirnya Python versi 1.0 dirilis kepada publik, selanjutnya  pada tahun 1995 Guido melanjutkan pembuatan Python di Corporation for National Research Initiative (CNRI) yang berada di Virginia Amerika Serikat. Selanjutnya pada tahun 2000 Python versi 2.0 dirilis kepada publik dan Python versi 3.0 dirilis pada tahun 2008.

Di bulan Mei tahun 2000, Guido van Rossum bersama dengan tim Python pindah ke BeOpen.com untuk selanjutnya membuat sebuah tim BeOpen PythonLabs. Pada bulan Okteober tahun 2000, tim Python tersebut kembali pindah ke Digital Creation yang mana sekarang menjadi perusahaan Zope.

Selanjutnya pada tahun 2001, akhirnya dibuatlah sebuah organisasi Python Software Foundation (PSF) yang merupakan organisasi Nirlaba yang khusus dibuat untuk semua hal yang berhubungan dengan hal intelektual dari hasil pengembangan bahasa pemrograman Python.

Pada tanggal 24 Februari 2020 versi bahasa pemrograman Python versi 3.8.2 dirilis kepada publik. Dan pada tanggal 5 Oktober 2020, bahasa pemrograman Python versi 3.9.0 dirilis kepada publik.

Saat artikel ini ditulis, versi bahasa pemrograman Python terakhir adalah versi 3.10.0a5 yang dirilis kepada publik pada tanggal 2 Februari 2021 dan sudah dapat di download melalui situs www.python.org.

Penulis: Virdan

Berita Terkait