Beranda » Artikel » Sejarah Singkat Website Wikileaks

Sejarah Singkat Website Wikileaks

by admin
577 views

Sejarah singkat website Wikileaks. Domain untuk nama Wikileaks pertama kali didaftarkan pada tanggal 4 Oktober 2006, namun website wikileaks tersebut baru diluncurkan kepada publik pada bulan Desember tahun 2006. Dari beberapa anggota yang ada didalam Wikileaks, nama Julian Assange menjadi nama yang paling dikenal oleh dunia. Dan kita akan coba membahas mengenai sejarah singkat website Wikileaks tersebut.

Website Wikileaks merupakan suatu situs internet yang mengumpulkan materi informasi yang bisa dikategorikan sebagai informasi yang bersifat rahasia oleh pemerintah ataupun perusahaan dan Wikileaks mempublikasikan informasi rahasia tersebut kepada umum.

Pengelolaan dari situs Wikileaks juga sangat memperhatikan kerahasiaan para narasumber yang mengirimkan dokumen rahasia tersebut ke Wikileaks. Wikileks sendiri memiliki tujuan agar terciptanya transparasi publikasi laporan rahasia yang didapat dari berbagai negara. Dan puncak dari informasi yang dibocorkan oleh Wikileaks adalah sebuah informasi mengenai laporan rahasia militer Amerika Serikat mengenai suatu situasi di Afghanistan yang jumlah dokumennya mencapai puluhan ribu halaman.

Pendiri Wikileaks

Website Wikileaks sendiri dibangun dan dikembangkan oleh beberapa orang, namun nama Julian Assange lah yang dipilih untuk menjadi perwakilan Wikileaks ke depan publik. Julian Assange sendiri memiliki posisi sebagai Direktur sekaligus Anggota Dewan Penasehat di Wikilieaks. Sebelum Jullian Assange mendirikian Wikileaks, dirinya sempat bekerja sebagai seorang penerbit serta jurnalis di Australia.

Julian Assange dipilih sebagai perwakilan Wikileaks untuk publik karena dirinya tidak memiliki keluarga ataupun rumah sehingga dianggap bisa menjadi sosok yang tepat. Sementara itu para pendiri Wikileaks lainnya lebih memilih untuk bermain dibelakang layar karena dapat membahayakan keselamatan keluarga mereka.

Biografi Jullian Assange

Jullian Assange dilahirkan di Townsville, Queensland Australia pada tanggal 3 Juli 1971. Saat masih anak-anak, dirinya sudah hidup nomaden mengikuti orangtuanya.

Assange merupakan lulusan Jurusan Fisika dan Matematika dari Universitas Melbourne pada tahun 2003 – 2006 dan sempat memiliki karir di beberapa perusahaan seperti Economist Index of Censorship Award pada tahun 2008, Amnesty International UK Media Award pada tahun 2009 dan juga Sam Adams Award pada tahun 2010.

Saat berumur 20 tahun, dirinya bersama dengan beberapa teman hackernya berhasil memecahkan dan juga membobol jaringan termintal Nortel yang merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi Kanada. Oleh sebab itu dirinya tertangkap dan dinyatakan bersalah atas 20 dakwaan yang diberikan kepadanya.

Semenjak kejadian tersebut, Assange menjadi lebih sering melakukan pembobolan dan juga pembocoran dokumen rahasia negara dari seluruh dunia serta jaringan pertahanan milik pemerintah.

Dimulainya Wikileaks

Pada tahun pertama Wikileaks mulai berjalan, situs Wikileaks tersebut sudah menerima sekitar 1,2 juta dokumen, dan sekarang Wikileaks sudah menerima 10.000 dokumen setiap harinya. Dimasa awal berdirinya situs Wikileaks, situs tersebut menggunakan engine MediaWiki yang sama seperti yang digunakan oleh website Wikipedia. Dan hal tersebut memungkinkan siapa saja bisa menaruh dokumen ke situs Wikileaks tersebut tanpa harus  diketahui identitas asli dari pengirim dokumen tersebut.

Dokumen pertama yang diterima Wikileaks dan dirilis ke publik adalah mengenai sebuah keputusan Uni Pengadilan Islam Somalia yang mengharuskan eksekusi kepada beberapa pejabat negara.

Tempat Wikileaks Di Hosting.

Pada awal dibuatnya website Wikileaks, web tersebut menggunakan layanan hosting yang dari PRQ yang berada di Swedia. PRQ sendiri memberikan sebuah perusahaan jasa hosting yang aman serta tidak mempertanyakan atau menyimpan informasi mengenai siapa kliennya.

Namun karena menerima begitu banyak serangan DoS pada server mereka, akhirnya Wikileaks memutuskan untuk berpindah hosting ke Amazon sebagai penyedia situs tersebut.

Tapi sayangnya Amazon juga memutuskan untuk menghentikan layanan kepada situs Wikileaks pada tanggal 1 Desember 2010, tiga hari setelah WikiLeaks mengeluarkan informasi mengenai kawat diplomatik Amerika Serikat. Pemberhentian tersebut atas permintaan dari ketua Komisi Keamanan Dalam Negeri dan Urusan Pemerintahan Amerika Serikat, Joe Lieberman.

Kantor Utama Wikileaks

Kantor utama Wikileaks berada di pusat data Pionen di Vita Bergen atau White Mountains di Stockholm, Swedia. Pionen sendiri dimiliki oleh Bahnhof, yang merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa internet dari Swedia.

Dulunya Pionen merupakan bunker untuk tempat pengungsian yang akan dituju oleh para pejabat Swedia jika terjadi serangan bom hidrogen dari Soviet. Pionen terletak 30 meter dibawah taman Vita Berg, bangunan ini didesain oleh arsitek Swedia Albert France-Lanord. Pionen memiliki luas 1200 meter persegi.

Swedia dipilih sebagai markas dari Wikileaks adalah karena negara tersebut sangat mendukung pada kebebasan berpendapat. Di Swedia pihak otoritas tidak dapat mempertanyakan sumber dari suatu cerita, dan itu menjadi pilihan yang cocok bagi Wikileaks karena mereka dan para anggotanya tidak akan diadili karena menyebarkan informasi yang sensitif dan juga membocorkan suatu rahasia negara.

Website wikileaks sendiri dapat diakses melalui alamat https://wikileaks.org/

Penulis: Virdan

Berita Terkait