Beranda » Berita Pemerintahan Lebak » TPID Kabupaten Lebak Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi

TPID Kabupaten Lebak Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi

by admin
51 views

Lebak, – Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak Budi Santoso beseerta Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Lebak mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2024 secara daring pada Senin, 26 Februari 2024. Rapat dipimpin oleh Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir dan diikuti oleh Kepala Daerah di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Irjen Kemendagri Tomsi Tohir mengimbau seluruh kepala daerah segera turun ke lapangan untuk memantau laju perkembangan harga. Upaya ini penting dilakukan terlebih menjelang bulan Ramadan. Kepala daerah juga diminta untuk melakukan berbagai langkah konkret pengendalian harga. Tomsi mengatakan, kepala daerah dapat melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk memantau harga pangan di pasaran.

“Kami berharap teman-teman kepala daerah agar mengecek kembali daerahnya masing-masing,” ujarnya.
Menurut Tomsi, sejumlah angkah konkret yang dapat dilakukan meliputi operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor, serta menggalakkan gerakan menanam. Selain itu dapat menjalin kerja sama dengan daerah penghasil komoditas untuk pemenuhan pasokan, memanfaatkan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk pengendalian harga, serta memberikan dukungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daaerah (APBD) terhadap mobilitas transportasi umum.

Berita Terkait