Beranda » Artikel » 12 Situs Kursus Online Gratis Untuk Mengembangkan Keterampilan Teknologi Anda

12 Situs Kursus Online Gratis Untuk Mengembangkan Keterampilan Teknologi Anda

by Diskominfo Lebak
612 views

Pendidikan tidak harus mahal — ada banyak kursus gratis untuk meningkatkan keterampilan TI Anda yang hanya membutuhkan koneksi internet dan laptop atau smartphone. Dua belas penyedia pendidikan online berikut menawarkan program dan kursus gratis di hampir semua domain teknis. Ini adalah cara yang bagus untuk mendalami topik baru dengan komitmen terbatas, atau tetap mengikuti perkembangan tren dan teknologi di industri Anda.

Apabila Anda tertarik untuk mengubah arah karir Anda, mulailah mencoba meningkatkan resume Anda dengan mengikuti tren teknologi, salah satu dari dua belas penyedia pendidikan online ini dapat membantu Anda tanpa menguras kantong.

12 situs kursus online gratis untuk keterampilan teknologi :

  • Alison.com
  • Codeacademy
  • Coursera
  • Dash General Assembly
  • EdX
  • Harvard Online Learning
  • Khan Academy
  • MicrosoftLearn
  • MIT OpenCourseWare
  • Skillshare
  • Udacity
  • Udemy

Alison.com

Alison.com menawarkan berbagai kursus TI gratis dalam jaringan dan keamanan, perangkat keras, pengembangan perangkat lunak, pengembangan game, alat perangkat lunak, manajemen TI, aplikasi seluler, rekayasa perangkat lunak, ilmu data, basis data, dan keterampilan inti TI. Anda dapat memilih dari kursus sertifikat singkat atau memilih kursus “diploma”, yang lebih komprehensif. Meskipun kursus gratis untuk diikuti, jika Anda menyelesaikan kursus sertifikat atau diploma, Anda harus membayar biaya untuk mendapatkan sertifikat cetak atau digital. Anda juga dapat memilih untuk membayar akun premium sekitar $9 per bulan, yang akan memberi Anda akses ke lebih banyak fitur seperti diskon biaya sertifikat, tidak ada iklan, dan akses untuk melanjutkan fitur pembuatan.

Codeacademy

Codeacademy menawarkan kelas coding gratis dalam 12 bahasa pemrograman dan markup, termasuk Python, Ruby, Java, JavaScript, jQuery, React.js, AngularJS, HTML, Sass dan CSS. Kursus berjanji untuk memberikan pengalaman langsung dan umpan balik real-time dari rekan-rekan. Jika Anda menyukai kursusnya, Anda dapat mendaftar untuk akun Codeacadmy Pro seharga $19,99 per bulan, yang akan memberi Anda lebih banyak akses ke proyek langsung, kuis, dan penasihat. Jika tidak, semua kursus dasar ditawarkan secara gratis — jadi jika Anda seorang pekerja yang memiliki motivasi diri, kursus tersebut mungkin cukup untuk membuat Anda terampil dalam pengkodean.

Coursera

Coursera tidak sepenuhnya gratis, tetapi mereka menawarkan pilihan kursus pemrograman komputer gratis yang layak untuk dipilih. Anda dapat mengambil kursus tentang dasar-dasar pemrograman dan memilih dari daftar panjang bahasa pemrograman untuk dipelajari seperti Python, C, dan Java. Anda dapat mendaftar secara gratis dan memanfaatkan semua program gratis Coursera, tetapi jika Anda ingin mengambil program sertifikat atau gelar, harganya bervariasi.

Dash General Assembly

Dash General Assembly adalah organisasi pendidikan nirlaba, tetapi mereka juga menawarkan kursus gratis yang menjanjikan untuk mengajarkan dasar-dasar pengembangan web kepada siswa. Program Dash berfokus pada mengajari Anda cara menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Program ini gratis dan sepenuhnya online, jadi Anda dapat belajar dengan kecepatan Anda sendiri. Kursus ini mencakup tutorial dan proyek langsung yang dapat Anda selesaikan di browser Anda — jika Anda tertarik dengan desain web, ini adalah cara mudah untuk mengujinya.

EdX

EdX adalah penyedia kursus online terbuka (MOOC) besar-besaran dengan kursus tingkat universitas yang dikembangkan oleh sekolah, organisasi nirlaba, dan perusahaan. Program-program ini ditawarkan secara gratis kepada pengguna, dengan kursus dari universitas seperti MIT dan Harvard. Kursus termasuk video pendek, latihan pembelajaran interaktif, video tutorial, buku teks online dan forum di mana siswa dapat berinteraksi satu sama lain, mengajukan pertanyaan dan menjangkau asisten pengajar. Di akhir kursus Anda, Anda akan menerima sertifikat — dan beberapa kursus mungkin dihitung sebagai kredit perguruan tinggi atau universitas, tergantung pada sekolahnya.

Harvard Online Learning

Harvard menawarkan akses online ke materi kursus, kuliah, program, dan konten pendidikan lainnya secara gratis. Tujuannya adalah untuk menawarkan “jalan yang efektif dan dapat diakses bagi orang-orang yang ingin belajar tetapi yang mungkin tidak memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan Harvard.” Kursus ditawarkan melalui sejumlah penyedia konten pembelajaran online, termasuk EdX, GetSmarter, HarvardX, Harvard Business School (HBX), Harvard Extension School dan Harvard Medical School (HMX). Ada kursus tentang hampir setiap topik TI yang dapat Anda bayangkan sehingga Anda bisa mendapatkan pendidikan Harvard, tanpa biaya kuliah.

Khan Academy

Khan Academy dikembangkan pada tahun 2006 sebagai organisasi pendidikan nirlaba, dengan tujuan yang berbeda untuk mendidik siswa secara online secara gratis. Pelajaran diajarkan melalui video YouTube, dengan latihan tambahan online untuk pendidikan dan siswa. Kursus dapat diakses di perangkat seluler dan sebagian besar telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, dengan hampir 20.000 terjemahan subtitle tersedia. Meskipun mungkin tidak berfungsi sebagai pendidikan formal, ini adalah cara mudah untuk mempelajari keterampilan baru saat Anda memajukan karir Anda.

Microsoft Learn

Microsoft menawarkan beberapa jalur pembelajaran dan sertifikasi yang mencakup berbagai produk dan layanan Microsoft. Jalur pembelajaran berisi beberapa modul yang relevan dengan topik kursus dan sertifikasi lebih terfokus, dengan satu atau dua ujian diperlukan untuk mendapatkan sertifikasi. Kursus dan ujian mandiri gratis melalui Microsoft, tetapi jika Anda ingin mengikuti kursus yang dipimpin instruktur, Anda dapat melakukannya melalui Pelatih Bersertifikat Microsoft. Namun, tidak ada jaminan bahwa pelatih bersertifikat akan menawarkan kursus secara gratis, jadi itu adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan jika Anda menginginkan kursus yang sepenuhnya gratis.

MIT OpenCourseWare

Pada tahun 2001, MIT University meluncurkan inisiatifnya untuk mempublikasikan semua materi kursus tingkat sarjana dan pascasarjana secara online gratis melalui MIT OpenCourseWare. Itu adalah universitas besar pertama yang membuat kursusnya tersedia secara gratis untuk umum — 250 perguruan tinggi dan universitas lain telah mengikuti jejak MIT. Pada tahun 2018, MIT menambahkan kuliah video lengkap ke lebih dari 100 kursus yang dapat dialirkan atau diunduh pengguna untuk dilihat secara offline. Jika Anda ingin mengerjakan keterampilan tertentu atau mencoba keterampilan baru sebelum Anda berkomitmen untuk membayar kursus, ada baiknya memeriksa MIT OpenCourseWare untuk melihat apa yang mereka miliki tentang topik yang Anda minati.

Skillshare

Untuk desainer UI dan UX atau pengembang web, Anda mungkin ingin melihat ke Skillshare jika Anda mencoba untuk meningkatkan keterampilan teknologi Anda. Situs ini menawarkan kursus gratis dalam desain UI dan UX serta pengembangan web — dan juga menawarkan kursus dalam analisis bisnis, yang mungkin berguna bagi mereka yang bekerja dengan data. Skillshare menawarkan kelas virtual yang mencakup pelajaran video, ikhtisar proyek, template untuk digunakan, dan sumber daya lainnya untuk pengguna. Anda juga dapat memilih dari langganan $15 per bulan atau Anda dapat membayar $99 untuk tahun tersebut, menurunkan biaya bulanan menjadi $8. Langganan premium menawarkan lebih banyak fitur seperti dukungan guru, tanpa iklan, akses offline untuk mengunduh materi kelas dan akses tak terbatas ke semua kursus yang tersedia.

Udacity

Udacity menawarkan kursus dan sertifikasi nanodegree dalam pemrograman dan pengembangan, kecerdasan buatan, komputasi awan, bisnis, ilmu data, dan sistem otonom. Meskipun sertifikasinya tidak gratis, banyak kursus yang termasuk dalam program nanodegree Udacity ditawarkan tanpa biaya. Anda dapat memilih dari daftar panjang kursus gratis dalam pemrograman dan ilmu komputer dari universitas dan perusahaan seperti Stanford, Amazon, dan Google. Jika Anda memutuskan untuk menyelesaikan sertifikasi nanodegree, Anda harus membayar biaya bulanan sebesar $400; nanodegrees biasanya membutuhkan waktu enam hingga 12 bulan bagi pengguna untuk menyelesaikannya.

Udemy

Udemy ditargetkan untuk orang dewasa profesional yang perlu menyesuaikan pendidikan dengan jadwal kerja mereka yang sibuk. Beberapa kursus di Udemy gratis, sementara beberapa tersedia dengan biaya — itu akan tergantung pada kursus dan instruktur. Namun, bahkan kursus berbayar tidak akan menguras kantong, karena sebagian besar dijual dengan harga mulai dari $9,99, jadi Anda biasanya dapat menemukan penawaran yang bagus jika ada kursus yang ingin Anda ambil yang tidak gratis.

Berita Terkait