Beranda » Artikel » 13 TOOL MONITORING OPEN SOURCE

13 TOOL MONITORING OPEN SOURCE

by admin
874 views

Pemantauan diperlukan bagi bisnis untuk memastikan bahwa sistem yang diperlukan aktif dan berfungsi. Pemantauan berbagai aspek infrastruktur TI bisa sangat mengganggu dan menyebabkan banyak kesulitan jika tidak dilakukan dengan benar.

Terlepas dari ukuran perusahaan, seseorang tidak dapat mengabaikan kebutuhan akan pemantauan Server, jaringan, dan infrastruktur menggunakan alat pemantauan terbaik. Semua cloud modern dan infrastruktur lokal hadir dengan solusi pemantauan terbaik.

Selain itu, dalam hal DevOps, pemantauan, dan observabilitas memainkan peran penting dalam kinerja tim.

Berikut ini adalah bidang utama dalam hal pemantauan.

1. Pemantauan Server Real Time

2. Pemantauan Kinerja Jaringan

3. Pemantauan Kontainer (Docker/Kubernetes/Mesos dll.)

4. Pemantauan Infrastruktur Cloud (Publik & Pribadi)

5. Pemantauan aplikasi.

Apa Alat Pemantau Opensource Terbaik?

Solusi teknologi profesional atau kelas bisnis umumnya dianggap mahal, tetapi tidak selalu demikian.

Berikut adalah daftar kunci indikator utama untuk perangkat lunak pemantauan terbaik.

1. Memberikan indikator tentang pemadaman dan penurunan layanan

2. Mendeteksi pemadaman layanan dan aktivitas tidak sah

3. Dapat diukur

4. Mampu menangani dan memproses data pemantauan dalam jumlah besar

5. Kumpulkan metrik sistem/aplikasi secara real-time

6. Mampu memberikan wawasan jangka panjang untuk perencanaan kapasitas yang lebih baik.

7. Sangat tersedia

8. Mendukung semua aplikasi cloud dan kemasan modern.

9. Mendukung alat visualisasi metrik

10. Ketertelusuran yang baik

11. Memiliki interface yang ramah pengguna.

Banyak alat pemantauan jaringan yang benar-benar gratis dan open source dapat dipertimbangkan saat mencari solusi pemantauan. Mari kita lihat alat pemantauan open source berperingkat teratas dan lihat apa yang cocok untuk Anda!

1. Prometheus

Prometheus adalah solusi pemantauan open source yang terutama terpaku pada pengumpulan dan analisis data berdasarkan data deret waktu. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatur kemampuan pemantauan dengan memanfaatkan toolset built-in.

Ini adalah pengaturan pemantauan yang ideal untuk lingkungan kemas seperti kubernetes dan alat pemantauan server open source terbaik.

Ia mampu mengumpulkan beberapa metrik di server, kubernet, dan berbagai perangkat menggunakan ping SNMP dan memeriksa penggunaan bandwidth jaringan dari sudut pandang perangkat, bersama dengan fungsi lainnya. Sistem PromQL menganalisis data dan mengizinkan program untuk menghasilkan plot, tabel, dan grafik lain pada sistem yang dipantaunya.

Manajer peringatan adalah komponen lain dari Prometheus. Ini menangani peringatan untuk semua aturan peringatan yang dikonfigurasi di Prometheus.

Prometheus dapat mengumpulkan metrik sistem, metrik aplikasi, dan metrik dari aplikasi kemas modern. Juga memiliki integrasi yang sangat baik dengan alat seperti Grafana untuk memvisualisasikan metrik. Grafana adalah salah satu dasbor pemantauan open source terbaik.

2. Zabbix

Zabbix adalah perangkat lunak pemantauan open source dengan interface yang mudah digunakan untuk pengguna dengan kurva belajar rendah yang menyediakan solusi kelas perusahaan untuk organisasi besar. Ini adalah sistem terpusat yang menyimpan data dalam DB relasional untuk pemrosesan yang efisien.

Inilah yang bisa dilakukan Zabbix.

1. Pemantauan Jaringan

2. Pemantauan Server

3. Pemantauan Cloud

4. Pemantauan Aplikasi

5. Pemantauan Layanan

3. Nagios

Nagios adalah alat pemantauan open source yang telah ada di pasaran sejak 1999. Ini menyediakan banyak fasilitas seperti integrasi dengan aplikasi pihak ketiga menggunakan plugin tambahan. Mempertimbangkan lamanya waktu Nagios berkecimpung di industri ini, ada banyak plugin yang ditulis untuk itu. Itu dapat memantau berbagai komponen termasuk Oss, aplikasi, situs web, middlewares, server web, dll.

4. Riemann

Riemann adalah alat pemantauan open source yang ideal untuk sistem terdistribusi. Ini adalah sistem pemrosesan dengan latensi rendah yang mampu mengumpulkan metrik dari berbagai sistem terdistribusi. Ini dirancang untuk menangani jutaan genap per detik dengan latensi rendah. Ini adalah alat pemantauan yang tepat untuk sistem skalabel yang sangat terdistribusi.

5. Sensu

Sensu dimasukkan sebagai alat pemantauan full-stack. Melalui satu platform, Anda dapat memantau layanan, aplikasi, server, dan laporan tentang KPI bisnis. Pemantauannya tidak memerlukan alur kerja terpisah. Ini mendukung semua Sistem Operasi populer seperti Windows, Linux, dll.

6. Icinga

Icinga adalah alat pemantauan jaringan open source yang menghitung ketersediaan dan kinerja jaringan. Melalui interface web, bisnis Anda dapat mengamati aplikasi dan host di sekitar infrastruktur jaringan Anda secara lengkap. Alat ini dapat diskalakan dan mudah dikonfigurasi dengan setiap jenis perangkat. Ada beberapa modul Icinga untuk kemampuan pemantauan yang sangat spesifik, seperti pemantauan lingkungan cloud vSphere VMWare dan pemodelan proses bisnis.

7. Cacti

Cacti adalah alat pemantauan jaringan open source yang dibangun di atas klasifikasi data dan sistem plot Alat RRD. Alat ini menggunakan fungsionalitas pengumpulan data dan polling jaringan untuk mengumpulkan informasi tentang berbagai perangkat di jaringan dalam lingkup apa pun. Ini terdiri dari kemampuan untuk membuat skrip khusus untuk pengumpulan data bersama dengan fasilitas untuk polling SNMP. Ini kemudian menampilkan informasi ini dalam plot yang mudah dipahami yang dapat diatur dalam hierarki mana pun sesuai kenyamanan bisnis Anda.

8. LibreNMS

LibreNMS adalah sistem pemantauan jaringan open source yang menggunakan beberapa protokol jaringan untuk mengamati setiap perangkat di jaringan Anda. LibreNMS API dapat memulihkan, mengelola, dan memplot data yang dikumpulkannya dan memfasilitasi penskalaan horizontal untuk mengembangkan kemampuan pemantauannya bersama dengan jaringan Anda. Alat ini menyajikan sistem peringatan fleksibel yang dibuat khusus untuk berkomunikasi dengan Anda dengan metode yang paling sesuai untuk perusahaan Anda. Mereka menawarkan iOS dan Android

9. Observium Community

Observium Community adalah mitra gratis dari alat pemantauan jaringan Observium. Dalam versi gratis dari Observium Community, Anda dapat memantau jumlah perangkat yang tidak terbatas bersama dengan memanfaatkan sepenuhnya atribut pemetaan jaringan Obersvium. Alat pemantauan jaringan Observium menampilkan penemuan terprogram dari perangkat yang terhubung. Itu juga dilengkapi dengan protokol penemuan untuk memastikan bahwa peta jaringan Anda adalah yang terbaru. Dengan cara ini, Anda dapat melacak perangkat baru saat terhubung dengan jaringan.

10. Pandora FMS

Pandora FMS adalah alat pemantauan open source yang membantu bisnis untuk mengamati seluruh substruktur TI. Ini tidak hanya menampilkan kemampuan pemantauan jaringan tetapi juga server Unix dan Windows dan interface virtual. Untuk jaringan, Pandora FMS terdiri dari fitur-fitur terbaik seperti dukungan SNMP, polling ICMP, pemantauan latensi jaringan, serta kelebihan sistem. Agen juga dapat diinstal pada perangkat untuk mengamati aspek seperti suhu perangkat dan panas berlebih, serta untuk kejadian file log.

11. LogRhythm NetMon Freemium

LogRhythm NetMon Freemium adalah versi gratis dari LogRhythm NetMon yang menawarkan kemampuan menangkap dan analisis modul tingkat bisnis yang serupa dengan versi lengkapnya. Meskipun ada batasan atau batasan pada pemrosesan data dan penyimpanan modul, versi freemium masih memungkinkan pengguna untuk melakukan deteksi risiko jaringan dan fungsi respons yang dibangun berdasarkan analisis paket data. Ini juga menawarkan sistem peringatan ancaman jaringan yang serupa dengan versi lengkapnya, memungkinkan Anda tetap update pada kinerja dan keamanan jaringan Anda.

12. Famatech Advanced IP Scanner

Famatech Advanced IP Scanner bebas biaya pemantauan jaringan serta alat pemindaian yang menawarkan analisis pada Jaringan Area Lokal dan perangkat LAN. Pemindai IP canggih memungkinkan pemindaian perangkat di jaringan dan mengatur komputer yang terhubung dan sumber daya lainnya dari jarak jauh. Ini memberikan kemampuan untuk mematikan komputer dari alat jika perangkat tidak digunakan dan menggunakan sumber daya. Alat ini terhubung dengan solusi Radmin Famatech untuk manajemen TI jarak jauh, sehingga Anda dapat mengelola IP di mana pun Anda berada.

13. AppNeta PathTest

AppNeta PathTest adalah alat pengujian volume jaringan gratis yang dimaksudkan untuk membantu bisnis memahami kemampuan sebenarnya dari jaringan mereka. PathTest berusaha untuk meningkatkan kinerja layer tiga dan layer empat dengan menunjukkan gambaran yang tepat tentang kemampuan maksimum jaringan Anda. Ini sengaja membanjiri jaringan Anda dengan paket data untuk mengisi jaringan hingga kapasitas penuhnya. Pengguna dapat mengatur durasi tes ini hingga maksimal 10 detik dan menjalankan tes kapan saja.

Kesimpulan

Pemantauan memberikan supervisor pandangan yang tajam tentang layanan, aplikasi, dan perangkat yang berjalan di jaringan mereka dan kemampuan untuk melacak kinerja sumber daya ini. Ini memfasilitasi manajemen aktif daripada menanggapi masalah pada saat dan ketika itu terjadi.

Alat pemantauan open source digunakan untuk memantau status kerangka kerja yang digunakan, sehingga memiliki peringatan cacat, kegagalan, atau masalah dan untuk memperbaikinya. Ada alat pemantauan untuk server, jaringan, infrastruktur cloud, wadah, database, keamanan, eksekusi, penggunaan situs dan web, dan aplikasi.

Terkadang, adalah bijaksana untuk menggunakan sistem pemantauan default yang disertakan dengan penyedia infrastruktur. Salah satu contohnya adalah AWS cloudwatch. Namun, alat pemantauan open source menyediakan banyak fungsi untuk memantau komponen infrastruktur Anda dengan banyak penyesuaian.

Memilih solusi pemantauan open source yang sesuai untuk bisnis Anda tidak semudah kelihatannya.

Profesional TI seperti Network dan DevOps Engineers perlu mempertimbangkan banyak faktor saat mencari solusi pemantauan open source untuk perusahaan mereka, seperti kompatibilitas, fasilitas, kemudahan, dan anggaran.

Berita Terkait