Beranda » Artikel » 15 WEB PRESENTASI ONLINE

15 WEB PRESENTASI ONLINE

by admin
2.3k views

Jika Anda memerlukan alat untuk membantu Anda membuat presentasi, tetapi anggaran Anda terbatas, Anda mungkin merasa kurang beruntung. Untungnya, ada beberapa alat presentasi gratis yang bagus untuk Anda pertimbangkan.

Dalam postingan ini, kami akan membagikan 15 alat presentasi gratis. Kami akan menjelaskan masing-masing dan menunjukkan fitur utama. Kami juga akan menjelaskan apa yang harus dicari ketika memilih perangkat lunak presentasi online Anda. Terakhir, kami akan membagikan sumber daya yang dapat Anda gunakan dengan beberapa perangkat lunak presentasi online.

Apa yang Harus Dicari di Perangkat Lunak Presentasi Online Gratis?

Hanya karena perangkat lunak Anda, tidak berarti Anda tidak memerlukan alat presentasi perangkat lunak yang bagus untuk digunakan. Untungnya, banyak alat presentasi online gratis memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk membuat presentasi terbaik.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dicari ketika memilih perangkat lunak presentasi online:

  • Kemudahan penggunaan. Anda tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam untuk mempelajari cara menggunakan alat presentasi. Perangkat lunak presentasi online yang baik harus mudah dipelajari dan memiliki banyak sumber daya pelatihan yang tersedia.
  • Fitur impor/ekspor. Alat perangkat lunak presentasi Anda harus kompatibel dengan format file populer. Juga, ingatlah bahwa pada titik tertentu Anda mungkin ingin mengekspor presentasi Anda ke alat lain.
  • Kolaborasi waktu nyata. Kerja tim menjadi semakin penting dalam lingkungan profesional saat ini. Dengan alat berbasis web yang tepat, Anda dan rekan satu tim dapat bekerja sama dalam proyek presentasi.
  • Akses dan penyimpanan cloud. Dulu ketika Anda jauh dari komputer, Anda tidak dapat mengerjakan proyek Anda sampai Anda kembali. Dengan alat berbasis cloud, itu tidak lagi menjadi masalah. Akses pekerjaan Anda di mana saja selama ada koneksi internet.
  • Kemampuan audio/video. Multi-media telah menjadi norma untuk tayangan slide. Jika Anda ingin presentasi Anda benar-benar menonjol, pertimbangkan untuk menambahkan komponen audio atau video.
  • Dukungan teknis yang baik. Apa yang akan Anda lakukan jika terjadi kesalahan saat membuat presentasi? Cari perangkat lunak presentasi online dengan sumber dukungan yang baik seperti tutorial pihak ketiga, bantuan online yang kuat, atau sumber bantuan.

Saat memilih perangkat lunak presentasi online, ingatlah kebutuhan Anda di masa mendatang. Jika Anda menjalankan bisnis yang kemungkinan akan berkembang, pertimbangkan untuk memulai dengan versi gratis dari perangkat lunak presentasi dengan versi premium yang memiliki fitur yang mungkin Anda perlukan seiring pertumbuhan bisnis Anda.

Jika Anda baru membuat tayangan slide dan anggaran Anda terbatas, pikirkan tentang desain. Apakah Anda seorang pemilik bisnis atau pelajar, Anda ingin presentasi Anda terlihat profesional sehingga Anda membuat kesan yang baik.

Jika Anda sendiri bukan seorang desainer, Anda mungkin kesulitan membuat desain yang menarik dan menarik untuk presentasi Anda. Untungnya, template tersedia untuk banyak alat presentasi dengan biaya yang lebih murah untuk menyewa seorang desainer profesional.

Alat Perangkat Lunak Presentasi Online Gratis yang Terkenal :

Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang harus dicari dalam perangkat lunak presentasi gratis, mari kita periksa beberapa opsi yang paling populer. Berikut adalah versi gratis dari beberapa alat presentasi online paling populer:

1. PowerPoint Online

Banyak orang tidak menyadari bahwa ada PowerPoint versi gratis yang tersedia. Ini bisa menjadi pilihan yang sangat bagus untuk siswa yang mungkin memiliki kebutuhan satu kali atau jarang untuk membuat presentasi dan tidak mampu membeli langganan Microsoft Office.

Catatan: Penting untuk dicatat bahwa perangkat lunak ini tidak dimaksudkan untuk penggunaan bisnis.

Produk Microsoft banyak digunakan. Karena alat ini sangat populer, banyak orang yang akrab dengan tata letak dan perintah perangkat lunak. Itu membantu membuat PowerPoint Online mudah dipelajari untuk digunakan. Plus, Anda dapat meningkatkan ke alat PowerPoint premium jika Anda membutuhkan lebih banyak fitur.

Perangkat lunak presentasi online, PowerPoint Online, mencakup banyak (tetapi tidak semua) fitur dari mitra premiumnya. Format teks, gunakan animasi, dan sertakan elemen grafis lainnya. Karena berbasis web, ada juga fitur kolaborasi dan penyimpanan cloud.

Ada beberapa batasan. Misalnya, Anda tidak dapat menggunakan PowerPoint Online kecuali Anda memiliki akses Internet. Beberapa tampilan tidak tersedia. Anda terbatas pada tema bawaan, meskipun Anda dapat mengimpor presentasi dengan tema pihak ketiga. Dan Anda hanya dapat menyisipkan file audio dan video melalui YouTube.

2. Google Slides

Selanjutnya pada daftar alat presentasi gratis kami di Google Slides. Meskipun gratis, fitur Google Slides menyaingi fitur perangkat lunak presentasi premium. kolaborasi real-time membuatnya ideal. Google Slides juga merupakan pilihan yang bagus jika Anda berniat untuk mempublikasikan presentasi Anda secara online. Plus, meskipun Google Slide adalah alat berbasis cloud, Anda dapat mengubah pengaturan untuk menggunakannya saat offline

Office suite Google semakin populer. Dan Anda dapat meningkatkan ke versi premium suite kantor jika kebutuhan Anda bertambah. Google Slide juga mudah dipelajari. Google memiliki dokumentasi online yang bermanfaat serta dokumentasi Bantuan dalam setiap alat kantor, termasuk Google Slide.

3. Keynote

Keynote adalah salah satu dari banyak alat presentasi online gratis yang tersedia. Jika Anda telah membeli komputer Mac akhir-akhir ini, mungkin komputer itu datang dengan perangkat lunak Keynotes Apple yang sudah dimuat. Ini juga tersedia untuk diunduh secara gratis untuk perangkat iOS dari iTunes App Store. Pengguna PC sekarang dapat melihat atau mengedit presentasi Keynote secara online dengan situs web iCloud.

Jika Anda memiliki Mac, Anda mungkin akan menemukan Keynote mudah digunakan. Ini terintegrasi dengan baik dengan platform Mac, yang memudahkan untuk menambahkan gambar dan multimedia ke dalam presentasi Anda. Pembaruan terbaru menambahkan fitur kolaborasi yang lebih baik ke Keynote.

Berasal dari Apple, Keynote didokumentasikan dengan baik. Ada dukungan teknis yang baik dan sumber daya lainnya dari Apple dan pihak ketiga.

4. Prezi Basic

Prezi adalah alat presentasi online gratis populer yang dikenal dengan interface grafis dan pendekatan non-linearnya untuk presentasi. Alat zoom sangat mengesankan. Plus, ada tutorial dan bantuan lain untuk membantu Anda mempelajari cara menggunakannya. Popularitasnya semakin meningkat, yang berarti semakin banyak sumber daya pihak ketiga yang tersedia.

Coba Prezi secara gratis dengan menggunakan versi dasar atau dengan mendaftar ke Prezi basic, atau untuk uji coba gratis salah satu versi lainnya.

5. LinkedIn SlideShare

LinkedIn SlideShare bukan alat perangkat lunak pembuat presentasi, melainkan alat perangkat lunak berbagi presentasi gratis. Tetapi jika Anda perlu menampilkan tayangan slide Anda di depan audiens profesional yang besar, maka perangkat lunak presentasi online ini layak untuk diketahui. Saat ini, ada jutaan pengguna di SlideShare, banyak di antaranya adalah profesional bisnis.

Meskipun perangkat lunak presentasi online gratis di bawah ini mungkin tidak begitu terkenal seperti beberapa perangkat lunak presentasi yang tercantum di atas, banyak dari paket-paket ini memiliki fitur yang dapat dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang lebih terkenal.

Banyak dari alat ini terbatas dalam fitur di tingkat gratis, tetapi memungkinkan Anda meningkatkan ke versi yang lebih premium jika kebutuhan Anda berubah. Beberapa alat gratis mungkin menampilkan iklan atau mengharuskan presentasi Anda menyertakan logo atau nama perusahaan mereka di dalamnya.

Mari kita lihat lebih dekat:

6. Zoho Show

Zoho Show adalah bagian dari rangkaian produktivitas kantor yang populer. Menurut situs web, versi gratis dari suite kantor ini tersedia untuk tim hingga 5 pengguna. Versi gratisnya juga menawarkan beberapa fitur tambahan yang bagus untuk tim seperti kolaborasi file yang aman dan obrolan dalam aplikasi.

Zoho Office Suite menawarkan cukup banyak dukungan, dengan basis pengetahuan, artikel, dan banyak lagi.

7. FlowVella

FlowVella (sebelumnya Flowboard) dirancang untuk bekerja secara online dengan perangkat seluler. Tetapi ada juga versi yang tersedia untuk Mac. Mudah menggabungkan multi-media dan konten online lainnya ke dalam presentasi Anda. Versi terbaru juga menyertakan drag and drop. Presentasi juga mudah dibagikan melalui tautan URL.

FlowVella adalah pilihan alat presentasi yang kuat dengan dukungan dan bantuan perusahaan. Saat ini, tidak banyak sumber daya pihak ketiga. Versi gratis membatasi Anda untuk empat aliran publik (presentasi). Ukuran presentasi dibatasi hingga sepuluh slide.

8. LibreOffice Impress

Impress adalah bagian dari LibreOffice (berdasarkan OpenOffice), yang merupakan perangkat lunak sumber terbuka dan gratis. Dengan demikian, tidak ada versi premium yang tersedia. Ini mungkin tidak menjadi masalah bagi Anda karena Impress lebih baik dibandingkan dengan banyak alternatif yang lebih mahal.

Ketika LibreOffice 5.3 dirilis pada tahun 2017, LibreOffice juga membuat LibreOffice tersedia secara online. Untuk menggunakannya, Anda harus menginstalnya di server Anda sendiri.

Seperti yang diharapkan untuk perangkat lunak sumber terbuka, LibreOffice memiliki komunitas yang cukup besar. Ini berarti ada beberapa sumber dan tutorial pihak ketiga yang tersedia.

9. Ludus

Alat perangkat lunak presentasi gratis terbaik baru yang menjanjikan adalah Ludus. Ini dirancang dengan kreativitas dan web dalam pikiran. Jadi, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan konten dari layanan web lain seperti YouTube, Vimeo, DropBox, GIPHY, dan lainnya. Itu juga memiliki beberapa alat desain yang bagus termasuk kemampuan untuk mengunggah font, memadukan warna, menggunakan overlay, dan banyak lagi.

Karena Ludus sangat baru, tidak banyak sumber daya pihak ketiga, seperti artikel dan tutorial. Tetapi situs utama menyertakan video bermanfaat yang mengilustrasikan cara menggunakan beberapa fitur utama yang akan membantu pengguna baru mendapatkan kecepatan.

Anda bisa mendapatkan uji coba gratis dari salah satu versi mereka. Dengan versi uji coba gratis level Solo, satu pengguna dapat membuat presentasi tanpa batas secara gratis dengan akses ke semua fitur. Saat uji coba berakhir, Anda harus memutuskan apakah ingin membeli salah satu versi premium.

10. PowToon

Selanjutnya dalam daftar perangkat lunak presentasi gratis terbaik kami adalah PowToon. PowToon memberi Anda opsi untuk membuat video animasi alih-alih presentasi berbasis slide yang lebih statis. Bahkan pada tingkat dasar gratis Anda mendapatkan akses ke beberapa fitur bagus. Pengguna gratis mendapatkan penyimpanan hingga 100 MB dan dapat membuat video hingga tiga menit. Dengan versi gratis, video Anda akan memiliki branding PowToon.

Situs PowToon menyertakan artikel bantuan dan tutorial untuk membantu Anda belajar menggunakan alat ini dengan cepat. Plus, ada banyak tutorial pihak ketiga yang tersedia.

11. Speaker Deck

Speaker Deck adalah alat gratis yang dimiliki oleh GitHub. Meskipun ini bukan alat pembuat presentasi, unggah presentasi Anda sebagai file PDF dan itu akan mengonversinya ke format tayangan slide. Anda kemudian dapat membagikan presentasi Anda melalui situs Speaker Deck atau menyematkannya ke situs web lain.

12. Visme

Situs web Visme mencakup banyak sumber daya seperti tutorial dan basis pengetahuan yang bermanfaat.

Visme adalah perangkat lunak presentasi online multi-faceted. Anda tidak hanya dapat membuat presentasi, tetapi Anda juga dapat membuat infografis, bagan, dan grafik sosial. Tambahkan video atau audio atau animasikan objek dalam presentasi Anda agar lebih menarik. Dengan Visme versi gratis, buat hingga lima proyek dan Anda juga mendapatkan penyimpanan 100 MB. Anda dapat mengunduh proyek Anda sebagai file .jpg.

13. WPS Presentation

Presentasi WPS adalah bagian dari office suite gratis yang juga mencakup Writer dan Spreadsheets. Jika Anda memilih opsi ini, Anda akan merasa sangat sebanding dengan perangkat lunak produktivitas kantor yang lebih populer seperti MS Office. Bahkan dengan versi gratis Anda mendapatkan 1G penyimpanan berbasis cloud. Anda juga dapat menggunakannya di hingga tiga perangkat (satu perangkat desktop dan dua perangkat seluler).

Situs WPS Office menyertakan bantuan online yang dapat dicari, blog yang bermanfaat, dan sumber daya bermanfaat lainnya.

14. authorSTREAM 

Seperti SlideShare, authorSTREAM memungkinkan Anda berbagi presentasi yang diunggah secara online dengan audiens yang lebih luas. Dengan versi gratis, ukuran presentasi yang Anda unggah dan penyimpanan online dibatasi hingga 100 MB. Juga, dengan versi gratis Anda dapat mengonversi satu presentasi PowerPoint menjadi video. Beberapa dukungan tersedia melalui perusahaan, tetapi Kami tidak menemukan banyak tutorial atau artikel pihak ketiga.

15. Genially

Perangkat lunak presentasi online ini berspesialisasi dalam memungkinkan Anda membuat konten interaktif. Ini juga menampilkan banyak efek animasi. Anda tidak hanya dapat menggunakan Genially untuk membuat presentasi online, Anda juga dapat membuat infografis dan proyek interaktif lainnya.

Kebanyakan orang harus menemukan perangkat lunak ini mudah dipelajari. Situs web ini mencakup blog yang sering diperbarui dengan beberapa tips bermanfaat. Kami juga dapat menemukan beberapa tutorial pihak ketiga untuk perangkat lunak presentasi ini.

Berita Terkait