Beranda » Artikel » 8 Sertifikasi Desain Grafis Untuk Meningkatkan Karir Anda

8 Sertifikasi Desain Grafis Untuk Meningkatkan Karir Anda

by Diskominfo Lebak
3.8k views

Untuk bekerja di industri desain grafis, memiliki pengetahuan tentang konsep dan alat dasar akan sangat membantu. Salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman ini adalah melalui kursus sertifikasi desain grafis. Mempelajari banyak program sertifikasi desain grafis dapat membantu Anda memilih satu untuk dikejar, yang dapat membantu Anda maju menuju karir yang Anda inginkan. Dalam artikel ini, kami membahas manfaat mendapatkan sertifikasi desain grafis dan mencantumkan delapan opsi sertifikasi yang dapat Anda gunakan.

Mendapatkan sertifikasi desain grafis memiliki beberapa manfaat, seperti:

Mendapatkan pelatihan dasar

Program sertifikat desain grafis dapat memberi Anda pengetahuan dasar, yang mungkin berguna jika Anda mencoba memulai karir di bidang desain grafis. Melalui jenis program ini, Anda dapat mempelajari teori dan prinsip desain grafis dan bagaimana menerapkannya dalam pekerjaan Anda. Meskipun mungkin untuk mempelajari topik ini sendiri, mungkin lebih mudah dan lebih berdampak untuk mempelajarinya melalui kursus terstruktur.

Mengembangkan portofolio Anda

Kursus desain grafis juga dapat membantu Anda mengembangkan portofolio Anda sendiri. Saat Anda melamar posisi sebagai desainer grafis, banyak pemberi kerja ingin melihat contoh pekerjaan Anda sebelumnya. Dalam kursus sertifikasi, Anda biasanya memiliki kesempatan untuk menyelesaikan proyek pertama Anda dan meminta para ahli mengevaluasinya.

Meningkatkan resume Anda

Jika Anda sudah bekerja di desain grafis tetapi ingin mendapatkan promosi atau jenis pekerjaan lain, Anda mungkin memerlukan pelatihan tambahan. Kursus sertifikasi desain grafis dapat melengkapi pengetahuan Anda sebelumnya dan membantu Anda memajukan karir Anda. Anda dapat mencantumkan sertifikasi di resume Anda untuk menunjukkan kemahiran Anda kepada calon pemberi kerja. Jika Anda seorang profesional tingkat pemula, Anda juga dapat mengambil kursus desain grafis untuk menambahkan keterampilan ke resume Anda.

8 sertifikasi desain grafis untuk dipertimbangkan

Berikut adalah delapan pilihan untuk sertifikasi desain grafis, apabila Anda seorang pemula atau ingin mencoba untuk memajukan karir Anda:

  1. Asosiasi Bersertifikat Adobe (ACA)

Sertifikasi Adobe Certified Associate adalah kredensial yang diakui industri yang menunjukkan bahwa seorang profesional memiliki keterampilan desain grafis tingkat pemula. Ada beberapa sertifikasi yang tersedia dalam program ini, masing-masing sesuai dengan aplikasi perangkat lunak yang berbeda. Mendapatkan salah satu dari sertifikasi ini menunjukkan bahwa Anda memiliki kecakapan dalam aplikasi perangkat lunak Adobe tertentu, keterampilan manajemen proyek dasar, dan pengetahuan tentang prinsip-prinsip desain. Untuk mendapatkan sertifikasi, individu harus lulus ujian yang terkait dengan perangkat lunak tersebut. Ujian berlangsung sekitar 50 menit dan menguji keakraban individu dengan fitur perangkat lunak yang sangat penting.

 

  1. Spesialisasi Desain Grafis

Kursus dari CalArts hingga Coursera ini mengajarkan siswa keterampilan dasar yang berkaitan dengan desain grafis. Ini adalah sertifikasi yang baik bagi mereka yang ingin memulai karir di bidang desain grafis karena mengajarkan dasar-dasar yang diperlukan untuk memulai. Semua materi kursus tersedia secara online, dan siswa dapat menyelesaikannya dengan kecepatan mereka sendiri. Disarankan untuk bekerja tiga jam per minggu di kursus ini, yang membuatnya membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk menyelesaikannya.

Meskipun Anda tidak memerlukan pengalaman sebelumnya dalam desain grafis untuk program sertifikasi ini, akan sangat membantu jika Anda memiliki pengetahuan tingkat pemula tentang program Adobe Creative Suite.

  1. Spesialisasi Desain UI/UX

Penawaran kursus lain dari CalArts melalui Coursera adalah Spesialisasi Desain UI/UX. Dalam kursus ini, siswa belajar bagaimana membawa pendekatan desain-sentris ke desain pengalaman pengguna. Ini mencakup semua tahap proses pengembangan UI/UX, termasuk menyelesaikan penelitian pengguna, menentukan strategi, dan mengembangkan gambar rangka. Ini juga merupakan sertifikasi yang baik untuk dikejar jika Anda tertarik dengan karir terkait yang melibatkan pengembangan situs web dan aplikasi atau pemasaran. Tidak diperlukan pengalaman sebelumnya untuk mendaftar di kursus online ini. Pada kecepatan yang direkomendasikan lima jam per minggu, siswa biasanya dapat berharap untuk menyelesaikannya dalam waktu sekitar empat bulan.

  1. Sertifikat Profesional Desain UX

Sertifikat Profesional Desain UX adalah kursus online yang disediakan melalui Coursera. Semua materi kursus sepenuhnya online, termasuk kuliah, tugas, dan bacaan. Kursus ini gratis untuk didaftarkan, tetapi Anda harus membayar untuk mendaftar ke Coursera untuk mendapatkan sertifikasi kelulusan. Waktu untuk menyelesaikan kursus tergantung pada komitmen waktu Anda, tetapi banyak pengguna menyelesaikan program dalam waktu kurang dari enam bulan dengan studi paruh waktu.

Melalui program sertifikasi ini, Anda dapat mempelajari dasar-dasar yang diperlukan untuk pekerjaan tingkat pemula dalam desain UX. Ini juga mengajarkan Anda cara menggunakan aplikasi perangkat lunak umum untuk desainer UX. Anda biasanya tidak memerlukan pengalaman sebelumnya untuk mendaftar di kursus ini.

  1. Elemen Desain Grafis untuk Spesialisasi Non-Desainer

Kursus online dari University of Colorado Boulder ini mengajarkan dasar-dasar elemen desain grafis. Anda dapat mempelajari sejarah industri desain grafis dan konsep inti seperti keseimbangan, keselarasan, kontras, dan kedekatan. Itu juga dapat mengajari Anda cara menggunakan ruang kosong dan bekerja bersama profesional kreatif lainnya. Selain itu, kursus ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman praktis dengan alat desain grafis populer.

  1. Sertifikat Desain Grafis

Saat Anda mendaftar di program sertifikat desain grafis dari Pratt Institute, Anda dapat mempelajari topik-topik seperti elemen desain dasar, tipografi, dan desain merek. Selain itu, Anda dapat memperoleh kemahiran dengan beberapa aplikasi standar industri. Sekolah mengajarkan program sertifikat ini secara langsung di New York City. Selain itu sertifikasi Desain bisa didapatkan secara online, saat banyak sekali kursus online yang menyediakan pelatihan tersebut.

  1. Sertifikat Profesional dalam Desain Grafis

Sertifikat desain grafis ini, yang ditawarkan secara online melalui Sessions College, dapat mempersiapkan siswa untuk berkarir di bidang desain grafis. Melalui program ini, Anda dapat mengembangkan portofolio profesional Anda, menerima umpan balik dari para ahli, dan mengembangkan keterampilan desain grafis. Anda juga dapat menyelesaikan program ini sesuai keinginan Anda, dan banyak siswa menyelesaikan seluruh kursus dalam waktu kurang dari sembilan bulan, tergantung pada berapa jam per minggu mereka bekerja.

  1. Sertifikat Desain Grafis dan Digital

Program sertifikat desain grafis dan digital dari Parsons School of Design ini terdiri dari delapan kursus yang dapat memberi Anda pemahaman menyeluruh tentang banyak topik yang berkaitan dengan desain grafis. Beberapa kursus tersebut antara lain:

  • Color theory
  • Digital graphics
  • Digital imaging
  • Typography
  • Communication and promotional design

Berita Terkait