Beranda » Artikel » Sertifikasi InfoSec dan Keamanan Siber Terbaik tahun 2022

Sertifikasi InfoSec dan Keamanan Siber Terbaik tahun 2022

by Diskominfo Lebak
1.3k views

Profesional keamanan informasi yang ingin maju di bidang TI harus mempunyai setidaknya satu dari lima sertifikasi keamanan siber teratas ini.

Keamanan siber adalah salah satu area terpenting untuk memastikan kesuksesan dan umur Panjang suatu bisnis. Dengan serangan siber yang semakin canggih, sangat penting bagi pemilik bisnis untuk melindungi perusahaan mereka dengan mempekerjakan pakar keamanan siber yang berkualifikasi untuk mengelola aspek bisnis ini. Kandidat terbaik akan memiliki sertifikasi di bidang keamanan informasi dan keamanan siber. Panduan ini merinci sertifikasi teratas dan panduan lain yang Anda perlukan untuk melakukan perekrutan yang tepat untuk perusahaan Anda. Ini juga merupakan panduan yang bagus untuk individu yang memulai karir keamanan siber.

Sertifikasi keamanan informasi dan keamanan siber terbaik

Saat mengevaluasi calon calon InfoSec, pengusaha sering melihat sertifikasi sebagai ukuran penting keunggulan dan komitmen terhadap kualitas. Kami memeriksa lima sertifikasi InfoSec yang kami anggap sebagai pemimpin di bidang keamanan informasi saat ini.

Daftar tahun ini mencakup kredensial tingkat pemula, seperti Security+, serta sertifikasi yang lebih maju, seperti Certified Ethical Hacker (CEH), Certified Information Systems Security Professional (CISSP), Certified Information Security Manager (CISM) dan Certified Information Systems Auditor ( CISA). Menurut CyberSeek, lebih banyak perusahaan mencari pemegang sertifikasi CISA, CISM dan CISSP daripada pemegang kredensial, yang menjadikan kredensial ini sebagai tambahan yang disambut baik untuk portofolio sertifikasi apa pun.

Tidak ada dalam daftar lima teratas kami adalah SANS GIAC Security Essentials (GSEC). Meskipun sertifikasi ini masih merupakan kredensial yang sangat layak, nomor papan pekerjaan untuk CISA sangat solid sehingga layak mendapat tempat di lima besar. Lebih jauh dalam panduan ini, kami menawarkan beberapa opsi sertifikasi tambahan karena bidang keamanan informasi luas dan beragam.

 

  1. CEH: Certified Ethical Hacker

Sertifikasi CEH (ANSI) adalah kredensial tingkat menengah yang ditawarkan oleh Dewan Internasional Konsultan E-Commerce (EC-Council). Ini harus dimiliki oleh profesional TI yang mengejar karir di bidang peretasan white hat dan mengesahkan kompetensi mereka dalam lima fase peretasan etis: pengintaian, pencacahan, perolehan akses, pemeliharaan akses, dan pelacakan.

Pemegang kredensial CEH memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang praktik peretasan di berbagai bidang seperti jejak kaki dan pengintaian, pemindaian jaringan, enumerasi, peretasan sistem, Trojan, worm dan virus, sniffer, serangan penolakan layanan, rekayasa sosial, pembajakan sesi, peretasan server web , jaringan nirkabel dan aplikasi web, injeksi SQL, kriptografi, pengujian penetrasi, penghindaran IDS, firewall dan honeypots. CEH V11 memberikan pemetaan ulang kursus ke kategori peran pekerjaan Protect and Defend (PR) kerangka kerja NIST/NICE, serta fokus tambahan pada ancaman yang muncul di keamanan cloud, OT dan IT, seperti malware tanpa file.

Untuk mendapatkan sertifikasi CEH (ANSI), kandidat harus lulus satu ujian. Kursus pelatihan CEH lima hari yang komprehensif direkomendasikan, dengan ujian disajikan pada akhir kursus.

Setelah seorang kandidat memperoleh penunjukan CEH (ANSI), kemajuan logis pada tangga sertifikasi EC-Council adalah kredensial CEH (Praktis). Penunjukan CEH (Praktis) menargetkan penerapan keterampilan CEH pada tantangan audit keamanan dunia nyata dan skenario terkait. Untuk mendapatkan kredensial, kandidat harus lulus ujian praktik enam jam yang ketat. Dilakukan pada mesin virtual langsung, kandidat disajikan 20 skenario dengan pertanyaan yang dirancang untuk memvalidasi kemampuan kandidat untuk melakukan tugas seperti analisis kerentanan, identifikasi vektor ancaman, peretasan aplikasi dan sistem web, deteksi OS, pemindaian jaringan, packet sniffing, steganografi, dan virus identifikasi. Kandidat yang lulus ujian CEH (ANSI) dan CEH (Praktis) mendapatkan gelar CEH (Master).

Pelatihan Certified Ethical Hacker (CEH)

Sementara EC-Council menawarkan pelatihan yang dipimpin instruktur dan online untuk sertifikasi CEH-nya, profesional TI memiliki banyak pilihan lain untuk materi belajar mandiri, termasuk pelatihan video, ujian praktik, dan buku.

Pluralsight saat ini menawarkan jalur pembelajaran peretasan etis yang diarahkan untuk ujian 312-50. Dengan berlangganan bulanan, Anda mendapatkan akses ke semua kursus ini, ditambah semua yang lainnya di perpustakaan pelatihan Pluralsight. Melalui jalur pembelajaran Pluralsight, siswa dapat mempersiapkan semua domain yang tercakup dalam ujian CEH.

CyberVista menawarkan ujian praktik untuk sertifikasi CEH 312-50 yang mencakup beberapa set pertanyaan seperti ujian, kuis khusus, kartu flash, dan banyak lagi. Berlangganan persiapan ujian selama 180 hari berharga $149 dan memberikan kandidat akses ke materi belajar online, serta kemampuan untuk mengunduh materi untuk studi offline. Didukung oleh “jaminan lulus”, CyberVista sangat yakin bahwa ujian praktiknya akan mempersiapkan Anda untuk ujian CEH sehingga perusahaan akan mengembalikan biaya ujian praktiknya jika Anda tidak lulus. mencakup bidang-bidang seperti pemulihan bencana, virtualisasi dan telekomunikasi.

 

  1. CISM: Certified Information Security Manager

Sertifikasi CISM adalah kredensial teratas bagi profesional TI yang bertanggung jawab untuk mengelola, mengembangkan, dan mengawasi sistem keamanan informasi dalam aplikasi tingkat perusahaan atau untuk mengembangkan praktik terbaik keamanan organisasi. Kredensial CISM diperkenalkan kepada para profesional keamanan pada tahun 2003 oleh Asosiasi Audit dan Kontrol Sistem Informasi (ISACA).

Tujuan organisasi ISACA secara khusus diarahkan untuk profesional TI yang tertarik pada standar kualitas tertinggi sehubungan dengan audit, kontrol, dan keamanan sistem informasi. Kredensial CISM menargetkan kebutuhan profesional keamanan TI dengan tanggung jawab manajemen keamanan tingkat perusahaan. Pemegang kredensial memiliki keterampilan tingkat lanjut dan terbukti dalam manajemen risiko keamanan, pengembangan dan manajemen program, tata kelola, serta manajemen dan respons insiden.

Pemegang kredensial CISM, yang dirancang untuk profesional keamanan yang berpengalaman, harus menyetujui kode etik ISACA, lulus ujian komprehensif, memiliki setidaknya lima tahun pengalaman dalam manajemen keamanan informasi, mematuhi kebijakan pendidikan berkelanjutan organisasi, dan menyerahkan dokumen aplikasi tertulis. Beberapa kombinasi pendidikan dan pengalaman dapat menggantikan persyaratan pengalaman penuh.

Elemen program sertifikasi ISACA lainnya

Selain CISM, ISACA menawarkan banyak sertifikasi bagi mereka yang tertarik dengan keamanan informasi dan praktik terbaik. Kredensial lain yang layak dipertimbangkan termasuk yang berikut:

  • Auditor Sistem Informasi Bersertifikat (CISA)
  • Bersertifikat dalam Tata Kelola Perusahaan IT (CGEIT)
  • Bersertifikat dalam Pengendalian Risiko dan Sistem Informasi (CRISC)

Penunjukan CISA dibuat untuk para profesional yang bekerja dengan audit sistem informasi, kontrol atau keamanan dan cukup populer di kalangan pengusaha untuk mendapatkan tempat di papan peringkat. Kredensial CGEIT menargetkan profesional TI yang bekerja di manajemen TI perusahaan, tata kelola, penyelarasan strategis, pengiriman nilai, dan manajemen risiko dan kinerja sumber daya. Profesional TI yang mencari karir di semua aspek manajemen risiko akan menemukan bahwa kredensial CRISC memenuhi kebutuhan mereka dengan baik.

Pelatihan Manajer Keamanan Informasi Bersertifikat (CISM)

Pluralsight menawarkan jalur pembelajaran CISM yang berisi lima kursus dan 17 jam pengajaran. Kursus mencakup domain yang dibahas dalam ujian, tetapi jalur pembelajaran ditujukan untuk area praktik kerja CISM.

CyberVista menawarkan kursus pelatihan online CISM dalam format langsung dan sesuai permintaan. Kursus ini mencakup lebih dari 16 jam video pelatihan, pelajaran tambahan, kuis khusus, soal ujian praktik, dan akses ke pakar melalui instruktur. Seperti kursus CyberVista lainnya, kursus pelatihan CISM dilengkapi dengan “jaminan lulus”.

 

  1. CompTIA Security+

CompTIA’s Security+ adalah sertifikasi keamanan netral vendor yang dihormati. Pemegang kredensial Keamanan+ diakui memiliki keterampilan teknis yang unggul, pengetahuan luas, dan keahlian dalam berbagai disiplin ilmu terkait keamanan.

Meskipun Keamanan+ adalah sertifikasi tingkat pemula, kandidat yang ideal memiliki setidaknya dua tahun pengalaman bekerja di keamanan jaringan dan harus mempertimbangkan terlebih dahulu untuk mendapatkan sertifikasi Jaringan+. Profesional TI yang memperoleh sertifikasi ini memiliki keahlian di berbagai bidang seperti manajemen ancaman, kriptografi, manajemen identitas, sistem keamanan, identifikasi dan mitigasi risiko keamanan, kontrol akses jaringan, dan infrastruktur keamanan. Kredensial CompTIA Security+ disetujui oleh Departemen Pertahanan AS untuk memenuhi persyaratan Directive 8140/8570.01-M. Selain itu, kredensial Keamanan+ mematuhi standar ISO 17024.

Profesional TI yang memperoleh sertifikasi Keamanan+ sebelum 1 Januari 2011, tetap tersertifikasi seumur hidup. Mereka yang mengesahkan setelah tanggal tersebut harus memperbarui sertifikasi setiap tiga tahun untuk tetap berlaku. Untuk memperbarui, kandidat harus mendapatkan 50 unit pendidikan berkelanjutan (CEU) atau menyelesaikan kursus online CertMaster CE sebelum berakhirnya periode tiga tahun. CEU dapat diperoleh dengan terlibat dalam aktivitas seperti mengajar, blogging, menerbitkan artikel atau whitepaper, dan berpartisipasi dalam konferensi profesional dan aktivitas serupa.

Pelatihan CompTIA Security+

Anda akan menemukan beberapa perusahaan yang menawarkan pelatihan online, kursus yang dipimpin instruktur dan belajar mandiri, ujian praktik, dan buku untuk membantu Anda mempersiapkan dan lulus ujian Keamanan+.

Pluralsight menawarkan jalur pembelajaran Keamanan+ sebagai bagian dari paket berlangganan bulanan untuk ujian SY0-601 terbaru. Dibagi menjadi enam bagian, seri pelatihan ini berdurasi lebih dari 24 jam dan mencakup serangan, ancaman, dan kerentanan; arsitektur dan desain; implementasi solusi yang aman; operasi dan respon insiden; dan tata kelola, risiko dan kepatuhan.

CyberVista menawarkan ujian praktik Keamanan+ sehingga Anda dapat menguji pengetahuan keamanan Anda sebelum mencoba ujian SY0-601. Tes dilengkapi dengan periode akses 180 hari dan mencakup beberapa set pertanyaan ujian, kartu flash konsep utama, akses ke pakar InstructorLink, pelacak kinerja, dan banyak lagi. Seperti penawaran CyberVista lainnya, ujian praktik ini dilengkapi dengan “jaminan kelulusan”.

 

  1. CISSP: Certified Information Systems Security Professional

CISSP adalah sertifikasi tingkat lanjut untuk profesional TI yang serius dengan karir di bidang keamanan informasi. Ditawarkan oleh Konsorsium Sertifikasi Keamanan Sistem Informasi Internasional, yang dikenal sebagai (ISC)2 (diucapkan “ISC kuadrat”), kredensial netral vendor ini diakui di seluruh dunia untuk standar keunggulannya.

Pemegang kredensial CISSP adalah pembuat keputusan yang memiliki pengetahuan ahli dan keterampilan teknis yang diperlukan untuk mengembangkan, memandu, dan mengelola standar, kebijakan, dan prosedur keamanan dalam organisasi mereka. Sertifikasi CISSP sangat dicari oleh para profesional TI dan diakui dengan baik oleh organisasi TI. Ini adalah perlengkapan reguler pada survei sertifikasi keamanan yang paling dicari dan harus dimiliki.

CISSP dirancang untuk profesional keamanan yang berpengalaman. Minimal lima tahun pengalaman dalam setidaknya dua dari delapan domain common body of knowledge (CBK) (ISC)2, atau empat tahun pengalaman dalam setidaknya dua domain CBK (ISC)2 dan gelar sarjana atau kredensial yang disetujui , diperlukan untuk sertifikasi ini. Domain CBK adalah keamanan dan manajemen risiko, keamanan aset, arsitektur dan teknik keamanan, komunikasi dan keamanan jaringan, manajemen identitas dan akses, penilaian dan pengujian keamanan, operasi keamanan, dan keamanan pengembangan perangkat lunak.

(ISC)2 juga menawarkan tiga konsentrasi CISSP yang menargetkan area tertentu yang diminati dalam keamanan TI:

  • Arsitektur (CISSP-ISSAP)
  • Teknik (CISSP-ISSEP)
  • Manajemen (CISSP-ISSMP)

Setiap ujian konsentrasi CISSP adalah $599, dan pencari kredensial saat ini harus memiliki CISSP yang valid.

Pelatihan Certified Information Systems Security Professional (CISSP)

Mengingat popularitas sertifikasi CISSP, tidak ada kekurangan pilihan pelatihan yang tersedia. Ini termasuk pelatihan berbasis ruang kelas yang ditawarkan oleh (ISC)2, serta kursus video online, ujian praktik, dan buku dari perusahaan pihak ketiga.

Jalur pembelajaran CISSP Pluralsight mencakup 12 kursus dan 25 jam e-learning yang mencakup konsep keamanan yang diperlukan untuk ujian sertifikasi. Tersedia dengan biaya bulanan yang rendah, kursus CISSP adalah bagian dari paket berlangganan yang memberikan akses profesional TI ke perpustakaan lengkap kursus pelatihan video Pluralsight.

Saat Anda siap untuk menguji pengetahuan keamanan Anda, Anda dapat mengikuti ujian simulasi yang meniru format dan konten ujian CISSP yang sebenarnya. Udemy menawarkan tes latihan CISSP untuk membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi ujian yang menantang ini.

 

  1. CISA: Auditor Sistem Informasi Bersertifikat

Sertifikasi CISA ISACA yang diakui secara global adalah standar emas bagi pekerja TI yang ingin berlatih dalam keamanan informasi, kontrol audit, dan jaminan. Kandidat yang ideal dapat mengidentifikasi dan menilai ancaman dan kerentanan organisasi, menilai kepatuhan, dan memberikan panduan serta kontrol keamanan organisasi. Profesional bersertifikasi CISA menunjukkan pengetahuan dan keterampilan di bidang praktik kerja CISA seperti audit, tata kelola dan manajemen, akuisisi, pengembangan dan implementasi, pemeliharaan dan manajemen layanan, serta perlindungan aset.

Untuk mendapatkan sertifikasi CISA, kandidat harus lulus satu ujian, mengajukan aplikasi, menyetujui kode etik profesional, menyetujui persyaratan CPE, dan menyetujui standar audit sistem informasi organisasi. Selain itu, kandidat harus memiliki setidaknya lima tahun pengalaman bekerja dengan sistem informasi. Beberapa substitusi untuk pendidikan dan pengalaman dengan audit diperbolehkan.

Pelatihan Auditor Sistem Informasi Bersertifikat (CISA)

Peluang pelatihan untuk sertifikasi CISA sangat banyak. Udemy menawarkan lebih dari 160 kursus terkait CISA, kuliah, ujian praktik, kumpulan pertanyaan, dan banyak lagi. Di Pluralsight, Anda akan menemukan 12 kursus dengan 27 jam pelatihan auditor sistem informasi yang mencakup semua domain praktik kerja CISA untuk area praktik kerja CISA.

Berita Terkait