Beranda » Artikel » Teknologi UFS

Teknologi UFS

by admin
33 views

Teknologi UFS: Meningkatkan Performa dan Keamanan Penyimpanan Data
Teknologi Universal Flash Storage (UFS) adalah sebuah inovasi teknologi penyimpanan data modern yang dirancang untuk memberikan kecepatan, kapasitas, dan efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan teknologi penyimpanan data sebelumnya seperti eMMC atau SD Card. UFS dirancang untuk meningkatkan performa perangkat mobile dan meningkatkan keamanan penyimpanan data. Artikel ini akan membahas lebih detail tentang apa itu UFS, keuntungan menggunakan teknologi ini, dan produk-produk yang telah menggunakan teknologi ini.
Apa itu eMMC dan UFS?
eMMC
eMMC adalah chip memori yang hadir pada beragam perangkat elektronik, terutama handphone, yang memiliki fungsi untuk melakukan penyimpanan data. Pada awal penggunaan di handphone, eMMC mampu menampung data yang cukup besar dan memiliki kecepatan transfer data yang bisa dibilang tinggi pada masanya.
eMMC 4.5 yang lahir pada tahun 2012 mampu memiliki kecepatan baca 140 MBps dan tulis 50 MBps. Selanjutnya pada tahun 2013, muncul eMMC 5.0 dengan kecepatan baca 250 MBps dan tulis 90 MBps. Lalu eMMC 5.1 yang hadir pada tahun 2015 mempunyai kecepatan tulis 125 MBps, namun untuk kecepatan bacanya hampir sama dengan eMMC 5.0.
Perbandingan UFS dan eMMC
UFS mempunyai teknologi transfer data yang bersamaan antara membaca dan menulis data berkat adanya standar dupleks penuh. Sementara eMMC saat melakukan transfer data harus bergantian dengan proses pembacaan dan penulisan data pada waktu tertentu.
Hal inilah yang menjadi faktor utama kenapa UFS lebih cepat dibandingkan eMMC. Produsen-produsen di dunia pun sudah banyak melirik UFS sebagai solusi chip memori penyimpanan internal pada handphone kelas menengah ke atas.
Meskipun sudah tidak sebanyak masa jayanya, namun beberapa vendor masih ada yang menggunakan eMMC untuk handphone kelas menengah ke bawah sebagai salah satu cara menekan harganya menjadi lebih murah lagi.
Berkat kecepatan baca dan tulis yang sangat tinggi membuat banyak handphone kelas menengah ke atas terbaru sudah menggunakan memori dengan teknologi UFS. Tak hanya sampai di situ saja, UFS juga memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan eMMC.
Apa itu Teknoogi UFS?
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, UFS singkatan dari Universal Flash Storage. Terdiri dari sebuah paduan antara teknologi penyimpanan data flash dan serial interface. UFS dikembangkan berdasarkan spesifikasi JDEC (JEDEC Solid State Technology Association), sebuah organisasi standar industri yang mengatur spesifikasi teknologi penyimpanan data. Spesifikasi UFS berada di bawah spesifikasi JEDEC JESD220C.

 

Keuntungan Menggunakan Teknologi UFS
UFS memiliki beberapa keuntungan dibandingkan teknologi penyimpanan lainnya. Berikut beberapa diantaranya:
1. Kecepatan Akses dan Transfer Data yang Cepat
UFS dirancang untuk meningkatkan kecepatan akses dan transfer data dari penyimpanan flash. Mampu memberikan kecepatan baca 5,8Gbps dan kecepatan tulis 2,9Gbps. Mampu mengurangi waktu loading aplikasi dan mengurangi latensi bermain game. Cocok dipakai pada perangkat mobile dan tablet.
2. Kapasitas Penyimpanan yang Lebih Besar
Kapasitas penyimpanan UFS juga lebih besar dibandingkan dengan teknologi penyimpanan lainnya. Kapasitas maksimum saat ini sekitar 2TB. Ideal digunakan pada perangkat mobile dan tablet.
3. Efisiensi Energi yang TinggiUFS juga dirancang untuk menghemat daya baterai perangkat mobile. Konsumsi daya yang rendah dan meningkatkan masa pakai baterai.
4. Keamanan Tingkat Tinggi
UFS memiliki kemampuan enkripsi hardware data sehingga lebih aman dari teknologi penyimpanan lainnya.
Produk-Produk yang Menggunakan Teknologi UFS
Beberapa produsen smartphone dan tablet saat ini telah menggunakan teknologi UFS pada produk mereka. Berikut adalah beberapa produk yang menggunakan teknologi UFS:
1. Samsung Galaxy S20/S21
Samsung Galaxy S20/S21 mengggunakan teknologi UFS 3.0 yang memberikan performa dan efisiensi yang lebih baik dibandingkan generation sebelumnya.
2. Xiaomi Mi 10T Pro
Xiaomi Mi 10T Pro juga menggunakan teknologi UFS 3.0 yang meningkatkan kecepatan akses data dan efisiensi energi pada perangkat tersebut.
3. Asus ROG Phone 5
Asus ROG Phone 5 menggunakan teknologi UFS 3.1 yang mampu membaca dan menulis data dengan kecepatan tinggi, cocok untuk perangkat gaming.
Kesimpulan
Teknologi UFS sebagai inovasi teknologi baru dalam penyimpanan data mampu memberikan performa dan keamanan penyimpanan data yang lebih baik. Telah banyak produsen smartphone dan tablet saat ini yang menggunakan teknologi UFS pada produk mereka. Hal ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan mampu meningkatkan efisiensi pada perangkat tersebut. Jangan heran jika produk-produk di masa mendatang akan mengadopsi teknologi ini.

Berita Terkait